Hadiri Rakornas Pengembangan DPSP, Bupati Samosir Sampaikan Proposal kepada Menko Marves

Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di The Caldera Toba Nomadic Escape, Sigapiton, Kabupaten Toba, Rabu (21/12/2022).

topmetro.news – Bupati Samosir Vandiko T Gultom menghadiri Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) Pengembangan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di The Caldera Toba Nomadic Escape, Sigapiton, Kabupaten Toba, Rabu (21/12/2022).

Yang memimpin rakornas adalah Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri PPN/Bappenas, Menteri PAN-RB, BUMN, dan Bupati se-Kawasan Danau Toba.

Memanfaatkan kehadiran Menkomarves, maka Bupati Samosir bersama Kepala Bapeda Rajoki Simarmata melakukan komunikasi. Sekaligus menyampaikan proposal secara langsung kepada Luhut Pandjaitan.

Proposal itu berupa pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) di Pulau Samosir. Di mana Vandiko T Gultom berharap proposal tersebut dapat terealisasi untuk pemenuhan air bersih di Kabupaten Samosir.

Rakornas Semester II bermaksud untuk percepatan pengembangan 5 DPSP di Indonesia, salah satunya termasuk Danau Toba. Percepatan progres pembangunan, menentukan langkah strategis yang konkrit, pragmatis terkait proyek strategis pengembangan DPSP.

Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan, bahwa target pengembangan 5 destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) selesai pada kuartal III 2024. Penyelesaian pengembangan lima DPSP masih membutuhkan tambahan anggaran sebesar Rp15 triliun. Harapannya, anggaran tersebut dapat terealisasi dalam dua tahun ke depan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan tahun depan ditargetkan ada 1,2-1,4 juta pergerakan wisnus. Untuk menggerakkan kunjungan tersebut, pihaknya akan meningkatkan lebih banyak acara dan kegiatan pariwisata untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

Salah satunya yaitu dengan perhelatan olahraga air F1H2O di Danau Toba pada Februari 2023 mendatang. Di mana harapannya, even itu jadi pemicu dan pemacu wisatawan Nusantara (Wisnus).

Melalui koordinasi lintas kementerian/lembaga, target penciptaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, harapannya, bisa bertambah sebanyak 4,4 juta.

Ada pun lima DPSP tersebut meliputi Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika, dan Likupang.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment